Friday, December 29, 2017

Jalan Jalan ke Cirebon bersama Anak dan Review Hotel Santika Cirebon

Tahun lalu, saya udah pernah share mengenai liburan di cirebon, plus review Hotel Aston cirebon, yang superrrr recommended apalagi kalau bawa anak. 

Nah, minggu kemarin saya berkesempatan jalan-jalan lagi ke Cirebon. Sebenarnya sih dalam rangka business trip, tapi karena waktunya agak luang dan memungkinkan buat ngajak gendhis, jadinya berasa seperti liburan deh. 









KERETA API JAKARTA - CIREBON

Dari rumah, kami berangkat naik kereta ke Tanah Abang, karena saya mesti mampir kantor dulu, ada urusan yang harus diselesaikan mengingat akhir minggu adalah long weekend. Lalu naik taksi ke Gambir

Berikut adalah jadwal kereta dari Cirebon ke Gambir yang saya potret di lobby hotel santika (inget yah.. cirebon gambir loh.. ini jadwal pulang 😄). Ada 8 kereta yang berhenti di cirebon yaitu : Cirebon Express, Tegal Bahari, Argo Jati, Ceremai Ekspress, Taksaka, Harina, Bima dan Ranggajati.  Recommendasi saya adalah dua kereta yaitu : Cirebon Express dan Tegal Bahari




Dont worry, naik kereta sekarang samgatlah nyaman. Bebas asap rokok, bersih, tepat waktu, dan semua dapat tempat duduk, gak ada yang gelesoean di lantai. Kalau ketahuan ngerokok atau ada penumpang gelap, bakal diturunin di stasiun terdekat selanjutnya. Dan yang paling haqiqi adalah ada colokan, buat ngecharge HP



Saya ngajak gendhis juga supaya dia dapat satu lagi pengalaman naik kereta dan ternyata bocahnya enjoy dan menikmati alias nikmat bobooooo.... hahaha berangkat dan pulang pules banget bobo di kereta. Emang sih udah saya brief juga dari semalem "nanti di kereta bobo yaaa..." daripada nanti dese bosen lalu cranky yekannn

Dua kereta diatas memiliki dua tipe rangkaian, yaitu ekonomi dan eksekutif.

Yang ekonomi harganya 120ribu. Meskipun ekonomi, tapi tetep dingin ber-AC. Bedanya hanya jarak kursi lebih dekat, dan kursi tidak bisa di bolak balik. Tahun lalu, saya naik ekonomi berangkat dan pulang dapet duduk yang jalannya mundurrrrr ajaaa gituuu hahahaha.

Kalau eksekutif harga 220rb, Buat naro kaki lebih legaaaa. Kursinya pun bisa diputer, bisa dimundurin, dan lebih empuk.

Total perjalanan Jakarta - Cirebon 3 jam 8 menit. Lancar bebas macet



REVIEW HOTEL SANTIKA CIREBON

Kami menginap di Hotel Santika. fyi, perjalanan kami ke cirebon sama sekali nggak sewa mobil. Kami request free pick up dari hotel, jadi sampe stasiun cirebon udah langsung dijemput sama bapak-bapak baik hati dari Santika. 

Hotelnya terletak di tengah kota dan sangat strategis persis di pinggir jalan besar. Beda sama aston yang agak masuk gang dulu. Kalo malem-malem kelaperan, tinggal nyebrang ada nasi jamblang wahid. Jalan kekanan sedikit kalo mau cuci mata ada donatello, di ujung perempatan ada gebrek bensu. Mager pengen stay di hotel aja ada Go-food. 

Wait, ada ojek online di Cirebon? Ada doooong. Ada go-car dan grab car juga, dan jumlahnya banyak. So, trip kemaren sama sekali gak sewa mobil tapi kemana-mana selalu pake mobil dan supir. Hihihi

Buat yang bawa anak, hotel Santika recommended karena swimming pool nya gedeeee. Ada juga secuil play ground di belakang kolam renang yang terdiri dari ayunan dan perosotan. Mayan lah...






Saya nginep di kamar yang deluxe 207. Ukurannya cukup besar, standar nya santika. Dan dapet yang swimming pool view. Asikkkk. 

Menu sarapannya juga lumayan enak dan bervariasi. Meskipun ga ada susu coklatnya (hahaha standar saya itu kalo breakfast ada susu coklat, nah berarti mantep nih hotel)






Apalagi ya... Kamar mandi bersih, handuk juga bersih dan wangi. Air panas oke, cuma... kok gak dikasi shower cap ya? huhuhu... kan rambut jadi basyah padahal ga pengen keramas. 

Kemarin dapat business rate di harga 577.000 per malam. Harga yang sama juga bisa didapat via traveloka kok. So, kalo ke cirebon saya sudah bisa rekomendasikan dua hotel yaitu aston dan santika. 

JALAN JALAN RANDOM CIREBON

Karena judulnya business trip  dan semi stay-cation. Kami hanya kulineran dan belanja (sok banget ya, padahal kantong aja tipissss, maklum barengan gerombolan cewek-cewek jadinya ujung-ujungnya ke Mall)

Empal Gentong Haji Apud

Dia banyak cabangnya, dan bisa ditelpon kalo buat rombongan untuk reservasi. 
Saya pesen empal gentong (rasanya kayak sofo betawi). Sedangkan gendhis saya pesankan empal asem (kuahnya tanpa santan, jadi lebih kayak sop daging). Enak?... lumayan enak.. apalagi kami baru maksi jam 3 sore hahaha udah laper banget!

Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi jamblang itu adalah nasi yang disajikan diatas daun jati. Cukup otentik. Lauknya yang paling digemari adalah bakwan jagung. Tapi sayang pas saya dateng di jam makan malem udah abissss. Akhirnya cuma dapet lauk tuna pedes sama semur tahu. Hahaha. Oh iya, toga orang teman saya pesen cumi. Pas makan lumayan pake otot juga karena cumi nya susyeeeeh buat dipotong. Pas terakhir baru tau, ternyata pas antri ambil makan, kita bisa minta dipotongin abangnya pake pisau. Hadehhhhh... 

Batik Trusmi

Surganya batik dan oleh-oleh. Cari yang plangnya BT warna hitam. Disitu segala macem adaaaaa. Tapi kalo mau yang lebih murah dan punya banyak waktu, silakan susuri sepanjang jalan. Buanyaaaak banget toko batik

Buat yang bawa anak kayak saya kemarin, supaya lebih leluasa cuci mata dan pilih-pilih batik. Ada playground untuk nitipin anak di sebelah kanan rak-rak makanan. Lumayan besar dan cukup aman karena digembok dari luar, jadi nggak bisa orang keluar masuk seenaknya, dan si anak ga akan keluyuran keluar playground. Gendhis dititip disana alhamdulillah aman. Malah ketemu temen main dan ga mau diajak pulang... hahahah.  Dan alhamdulillah ibun bisa nemu batik lucu dan belanja kerupuk udang titipan umican. Fyi, kerupuk udang yang super enak dan gurih itu packagingnya ada gambar padi dengan tulisan biru. Sebagai penggemar kerupuk, saya ngefansssss  berat sama si kerupuk udang pagi. Maknyos!

senjata supaya  bisa cuci mata dan gendhis anteng : Buku dan Spidol Warna



GRAGE dan CBS Mall
Standarnya Mall lah... 😄😄☺️ 

Sekian trip singkat ke cirebon. Alternatif destinasi liburan (dan belanja) kalo udah jenuh sama macet jakarta tapi budget ngepas buat beli tiket pesawat hehe. 

1 comment: