Friday, May 16, 2014

Cara Mudah Menghilangkan Noda pup atau BAB pada pakaian/popok bayi

Oooh, I should have known this trick when I have my newborn...

As we know, bayi Asix memiliki intensitas yang cukup tinggi untuk pipis atau pup (buang air besar). Selain itu, tekstur pup baby newborn juga masih agak cair dan kadang berbiji. Mitos ortu jaman dulu, kalau pup ada biji nya, berarti "mau pinter"...percaya nggak percaya sih.

Nah, suatu hari teman saya Arum yang sedang hamil dan persiapan melahirkan anak kedua, mengajukan pertanyaan yang membuat saya bersorak "Damn! coba gue tau trick ini dari duluuuu...." Sebenarnya pertanyaan  yang diajukan sangat standar dan sangat simple:


"Gimana sih cara membersihkan popok yang kena pup bayi?"

Jujur, saya dulu kesulitan banget dengan hal ini. Biasanya, setiap baby selesai pupu, saya akan membilasnya dengan air keran sebentar, lantas memasukkannya ke dalam ember kecil berisi sabun detergen. Ternyata.... cara itu kok nggak ampuh ya, sampai saking bete-nya saya pernah membuang beberapa popok yang noda-nya menempel bandel nggak mau ilang hahahaha! *plis jangan dilaporin ke mamer yaaaa*

Then, jawaban dari teman saya Daniamon sangat mencerahkan



1. Cuci bagian yang terkena noda dengan sabun mandi batangan 
2. Kucek kucek sampai noda menghilang
3. Diamkan sebentar
4. Bilas
Hasil: POPOK KEMBALI KINCLONG!!!

Kalau belum puas juga, bisa lanjut direndam dengan pemutih.
fyi, sabun mandi batangan jauh lebih manjur dibanding sabun / detergen cair.

#Hint: 

  • Sabun mandi batangan bisa diambil dari hasil "kado" adik bayi. Pasti ada aja tuuuh yang ngasih. 
  • Jangan direndam dengan sabun deterjen bubuk, apalagi dalam jangka waktu yang lama, dan belum di bilas dibawah keran dengan air mengalir... dijamin noda pup akan menghiasi hampir seluruh permukaan popok. hahaha... gondok banget deh rasanya! *pengalaman pribadi*


Oh iya, kalau anaknya sudah mpasi, trick ini juga bisa dipakai buat membersihkan noda makanan di baju atau slabber-nya. Semisal noda pepaya yang susaaaah buat diilangin. Apalagi Gendhis suka banget makan jus pepaya - jeruk. Hohoho. Ah iya, dan bisa juga buat membersihkan pakaian dalem yang tembus pas kita lagi "dapet"

Untuk mengetahui tips menghilangkan noda lain seperti noda jus buah, cream, minyak telon, baby oil, dll bisa intip trick nya disini. (Bukan ngiklan loooh). Selamat mencoba buibu!


Bonus: Foto lucu si Gula, sebelum ditinggal Ibun nya dinas. Alhasil selama pergi, emaknya kangen parrraah sama bocah imut ini.




7 comments:

  1. Alhamdulillah,,, perlu dicoba tipsnya Bunda,,,
    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Wah terima kasih infonya, patut dicoba.
    Terima kasih :)

    ReplyDelete
  3. Waaahh
    Bermanfaat banget utk ibu baru macam saya, mksih MB..

    ReplyDelete
  4. Trmksh tipsnya bunda,sdh Sy cb dan amazing hilang bekas pup bayi😍

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat sebagai saya sebagai seorang bapak rumah tangga

    ReplyDelete
  6. Lihat di 2022 makasih ya mba tips nya

    ReplyDelete