Thursday, January 2, 2014

Dinas Luar Negeri - Tetap Memerah ASIP doongs!

Hoammmm....so sleepy! I'm still jetlag.

Mumpung masih anget anget macam pantat penggorengan, sambil menunggu ujan yang reda di st.pondok ranji, saya mau nulis mengenai pengalaman saya membawa asip dari  luar negeri.





London's calling

Yup. Waktu nerima kabar saya bakal dikirim ke London untuk dinas dalam rangka pameran travel terbesar ke dua di dunia, saya sih belum terlalu mikirin masalah per asip an. Sebab, angin surga seperti ini biasanya suka mendadak berhembus ke arah yang berbeda kalo saya belum benar benar nerima surat, punya visa dan megang tiketnya. Bahkan, kadang walaupun tiket udah ditangan keputusan bisa berubah last minutes.

Barulah setelah mendapat kepastian yang benar-benar pasti, yakni sekitar 2 minggu sebelum keberangkatan, saya langsung heboh cari info tentang membawa asip dari luar negeri dan segala tetek bengeknya.

Here's the step:

1. cari info sebanyak banyaknya

Begitu saya dapet lampu hijau buat pergi, saya langsung meminta petunjuk mbah google. Ternyata cukup bayak referensi mengenai hal ini. Link nya nanti saya kasih setelah artikel saya ini selesai yaaa.... yang jelas, saya segera memprint semua informasi berguna dan menjadikannya sebagai panduan untuk persiapan.

Hal lain yang menjadi concern saya adalah availability kulkas (freezer dan chiller) di negara tujuan. Setelah konfirmasi by email ternyata hotel tempat saya menginap hanya menyediakan chiller. Untunglah Ibu Usya sang pemilik penginapan berbaik hati dan mempersilakan saya untuk menitipkan asip di freezer rumah beliau. Lokasinya nggak terlampau jauh dari penginepan. Tinggal jalan kaki sedikit, bisa sembari menikmati pemandangan pinggiran London yang aduhai. Yeayyy,  tenang lah hati dakuuu...

2. siapkan mental

Bukan hanya mental saya sebagai ibu perah serta baby yang ditinggalkan dirumah, tapi yang terpenting justru mental pengganti kehadiran saya yaitu si ayah daddy,eyang uti, akung beot, umi, abi, mbah, tante, dll sebagai pengasuh baby selama saya pergi (nasib nggak punya baby sitter hehehe). The hardest part adalah mereka harus siap menghadapi perkara urusan "bobo malem" dimana baby biasanya ngempeng nenen. Kekhawatiran saya adalah takutnya pada hari pertama ditinggal, baby bakal cranky dahsyat. In fact, hal tersebut beneran kejadian. Malam pertama, adek dan semua orang di rumah baru bisa bobo jam 4 pagi. Semaleman Ayah daddy nggak berhenti nyanyi sampe 10 album. haha! (positive side nya, you got the bonding time with baby, dad!)

Setiap hari, dikala mau bobo, saya selalu membisikkan sugesti positif - hypnoparenting ke baby
 "ibun mau pergi seminggu, nanti adek di rumah yang pinter ya, maem nya yang banyak, mimik susu yang cukup, nggak rewel, bobo nya yang pinter...."
3. menabung asip

Seiring dengan baby yang semakin besar dan berbanding terbalik dengan produksi asi yang semakin menurun, saya sebenarnya rada ketar ketir sama stok asip buat ditinggalin selama saya pergi. Terlebih lagi, saya juga jadi donatur ASI buat Baby Andra, ponakan saya yang ASI mommy nya masih belum keluar banyak.

Syukur alhamdulillah, karena sebelum masuk kerja lumayan rajin mompa dan pas udah masuk kerja lagi hasil pompa saya lumayan stabil (walaupun nggak melimpah ruah seperti sesama ibu perah di kantor yang tiap pulang bisa bawa oleh oleh berbotol botol). Seringnya, hasil pumping dan asip yang diminum baby di rumah balance. Kalaupun kurang, biasanya ditebus dengan hasil perah pas weekend.  Sampai umur baby 11 bulan stok asip masih tersedia 3 rak di freezer. Hore!!

Meskipun begitu saya nggak mau jumawa. Tetap berusaha untuk lebih rajin pumping dan kembali minum segala asi booster seperti masa masa awal menyusui. Walaupun ternyata efeknya juga nggak berasa hehehe. Hitung punya hitung, sebagai asumsi, kalo nanti baby saya tinggal dia akan minum maksimal 8 botol @100ml/hari. Walaupun udah "merasa" belakangan ini lebih rajin pumping, ternyata sampai di detik detik terakhir sebelum keberangkatan, stok di kulkas tetep 3 rak freezer!! Hiks, berarti nggak ada yang di tabung dooong...at least I've try. Sisanya berdoa terussss supaya asip cukup.

Karena khawatir, saya sampe berpesan ke ibu "jikalau nanti asip nya kurang, siang hari baby mimik air putihnya dibanyakin aja yaaaa...."

Fakta dilapangan, hari pertama ditinggal baby menghabiskan 12 botol @100ml. wakwaooooo!!!! untuuung masih cukup sampe saya pulang. Alhamdulillah

4. siapin peralatan tempur

TADAAAA.... ini dia peralatan perang yang saya bawa:

Breastpump 

unimom elektrik double pump + tuas manual.




Pompa ini adalah sahabat saya paling setia dalam dunia memerah asi. Kalau keadaan memungkinkan, saya pumping pake elektrik yang double pump biar cepat dan hemat waktu. Tapi kalau kondisinya sulit untuk "buka pabrik" karena harus pakai nursing apron seperti di dalam pesawat, memakai tuas manual adalah opsi terbaik.

nursing apron

Senjata ampuh buat pumping di tempat umum. saya pakai yang merk baby-oz hadiah lahiran dari para chichies dobeltip. Motifnya owl lucu dan.... cukup menarik perhatian orang orang. Glek!


Mirip seperti ini, tapi motifnya Owl dan warnanya Gonjreng!

cooler bag

Mau cerita dulu nih, awalnya saya udah booking sewa fridge to go yang tahan 16 jam buat saya tenteng selama perjalanan serta cooler box/cooler bag ukuran besar (mana aja deh yang available) buat bawa hasil perahan. Rencananya mau sewa di mamaperah.com. Namun, ternyata oh ternyata pas udah mau transfer mendadak sontak rental tersebut nggak bisa dihubungin. Saya coba wats up, email, dan sms beberapa kali tetap nggak ada jawaban....bete deh! mana waktu keberangkatan udah semakin deket pulak.



Cool bag kecil bertali panjang buat ditenteng selama perjalanan dan event




Coolbag gede buat diisi asip dan dimasukin bagasi

Karena tak kunjung berkabar, akhirnya saya memutuskan untuk membeli cooler bag igloo dual compartemen. Asumsi saya, coolerbox yang segede gaban ini bisa memuat hasil perahan selama seminggu plus sejumlah ice gel dan ice pack agar tetep dingin. Saya beli di ace hardware seharga 195k. Gak papah lah itung itung buat investasi. Kualitas igloo kan memang terbukti tahan banting.





Sedangkan untuk mobile sehari hari selama acara, saya memakai coolerbag boogy baby 85k yang memang biasa saya pake buat ke kantor. Dilengkapi tali strap panjang sehingga gampang dicangklongin ke pundak. Kemungkinan besar, setiap harinya saya akan ada di luar sekitar 12 jam. well, ketahanan dingin dari tas ini sih so so ya... tapi lumayan lah dari pada harus beli lagi. Tinggal nanti disiasati dengan saya bawa ice pack yang dinginnya lebih tahan lama ajah. Selain itu, udara London yang sudah masuk winter season mudah-mudahan membantu asip stay dingin di luar ruangan. Kabarnya sih suhu disana sekitar 6 derajat celcius. Dingiiinnn....




ice gel / ice pack

Kelar googling sana sini, finally saya memutuskan untuk membeli beberapa ice gel/ice pack lagi. Berikut adalah bentukan dan testimoni mengenai tingkat kehandalan ice setelah menempuh kurang lebih 24 jam:

a. ice blanket rubbermaid, 65rb

Seperti namanya, ice ini berbentuk lebar dan memanjang kayak selimut sehingga memungkinkan untuk menyelimuti asip beku secara sempurna. Satu tupperware saya yang berisi sekitar 10 plastik asip berhasil saya selimuti. Faktanya, ternyata ice blanket ini tidak tahan lama. Ketika saya tiba di rumah, gel nya udah mencair semua. Sepertinya sih nggak tersisa satu titik beku pun. 





Duh, lalu apa kabar si asip yang diselimutin? hmmm kondisinya udah agak cair aja gitu bo... tapi masih ada titik beku-nya, jadi boleh langsung masuk freezer. Namun saya utamakan untuk dikonsumsi lebih awal.

b. ice gel igloo, 25rb

Hasil googling menunjukkan bahwa banyak mommies yang jatuh cintrong sama ketahanan ice gel ini yang konon katanya bisa sampe 8 jam lebih. hmmm tapi kenyataannya di saya, sampe rumah sudah 80% cair





c. ice gel lokal - ice cool 9rb 

Mengingat harganya yang murah meriah, saya nggak terlalu yakin sama performanya. Walaupun begitu sengaja tetap saya bawa buat nambah nambah dingin cooler bag. Eh, kemudian saya terkaget-kaget. Mengapa??? Karena ternyata,  setibanya dirumah dan membuka tas, ice cool ini hanya mencair 10% saja. Selebihnya masih beku! 
#tepuktangan #nggaknyangka




d. snowgam - 35rb

satu kata: JUARA!!! 
Performanya oke banget. Sampai rumah kondisi snowgam masih 100% beku. Dinginnya semriwiiing.... asip selamat sampai tujuan. Saran saya sih, meskipun sedikit berat, this snowgam is really worth to bring. trust me!




plastik asip 

Bawalah sesuai dengan jumlah perkiraan hasil memompa. lebih banyak, lebih baik...dari pada kalo kurang ntar malah bingung kan. Saya bawa plastik merk natur - 35rb, sebanyak 3 pak.
Sengaja pake plastik supaya lebih mudah disusun dan dibawa. Hemat tempat dan tenaga. hehe



wadah

Bisa pakai merk tupperware atau claris atau lock n lock atau apapun. Gunanya adalah untuk menyimpan asip yang sudah di perah sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini supaya kantung kantung asip tersebut tidak tercecer dan tidak terlalu terkontaminasi kalau harus bercampur dengan bahan makanan lain di dalam kulkas hotel.

Saya membawa 3buah wadah yang masing masing kira kira cukup untuk menampung 10 kantong asip. Ukurannya kurang lwbih 20 x 15cm.

Jangan lupa, di atas wadah ditempelkan kertas bertuliskan informasi bahwa wadah ini berisi asi, berikut nama dan nomor kamar hotel



Wadah yang saya bawa seperti wadah bertutup hijau yang ukuran besar

sticker tom n jerry dan pulpen

untuk menandakan waktu pemerahan asi serta jumlahnya

Alumunium foil

Berguna untuk mempertahankan suhu asip. Jadi nanti masing masing kantung asip dibungkus lagi dengan alumunium foil ini. Sayangnyaaaa....kemarin alumunium foil yang saya sudah siapkan ternyata nggak kebawa, ketinggalan di dalam mobil di jakarta. ngok!!!

Plastik wrap

Setelah container ditutup, kemudian seal dengan plastic wrap supaya kenceng dan nggak gampang tumpah.




print tulisan

Saya sengaja memprint tulisan untuk kemudian ditempel di semua sisi depan belakang dari coolerbag pada saat packing. sebagai notifikasi bahwa isi tas ini adalah breastmilk. sehingga disaat masuk dan keluar bagasi, petugas akan memperlakukan tas ini dengan super hati hati

#Tips: Biar aman, bawa print-an tulisan ini jangan hanya dua ya, tetapi bawalah beberapa lagi, in case terjadi apa-apa (kayak cerita saya) kita masih punya cadangan.


FRAGILE!!! BREAST MILK, KEEP IT FROZEN!!!


Lakban Bening

Berguna untuk menempel tulisan diatas dengan rekat ke badan tas, selain itu juga bermanfaat pada saat packing untuk menutup rapat wadah container dan cooler bag atau coolerbox

kertas koran

Saya sengaja bawa dari jakarta, takut kalo ternyata nanti disana nggak nemu penjual koran, secara sekarang sudah era digital kan ya... paperless - udah jarang orang baca koran.
Guna koran ini adalah untuk ditaro di bagian samping dan atas tas sebelum ditutup. Fungsinya adalah sebagai penahan dingin. Terbukti manjur lhooo...

surat jalan

Sesuai dengan arahan dari para mommies yang udah berpengalaman, saya juga membawa beberapa kertas penting sebagai bekal perjalanan saya:



Banyak ya buibu bawaannya... tapi setimpal kok dengan kebahagiaan bisa bawa oleh oleh asip buat dedek bayi tercinta




5. selama Perjalanan

berangkat:
Saya memompa di mobil otw ke airport soetta, lalu mompa lagi pada saat di pesawat Jakarta - Abu Dhabi. Kemudian, tadinya mau pumping di airport Abu Dhabi karena transit 2 jam. Eh, tapi nggak nemu tempat yang enak. Sesi mompa selanjutnya adalah di pesawat Abu Dhabi-London.

pulang:
Saya memompa di toilet airport Heathrow London, lalu berlanjut di pesawa London - Abu Dhabi. Lanjut pumping di bandara Abu Dhabi pas transit (huaaa.... saya hampiiiir aja ketinggalan pesawat saking asiknya mompa, untungnya ada rombongan mahasiswa indonesia yang mau pulang kampung dateng lebih telat lagi ke gate. selamat deh!). Terakhir, saya pumping lagi di pesawat London - Jakarta.

Untuk men-steril pompa selama di perjalanan, sehabis mompa corong akan saya siram dengan air. Kalo memungkinkan bisa minta air panas ke pramugari, tetapi jika tidak ada saya menyiramnya dengan air mineral botol. Setelah itu, saya lap dengan tissue basah yang khusus untuk membersihkan mulut bayi.

lucky me, selama pulang pesawatnya kosong, jadi saya bisa duduk sendirian. Bahkan sampe bebas bobo selonjoran. asyeeekkk!

#Tips:

a. Chek In lebih cepat agar bisa request window seat dengan penumpang perempuan di sebelah kita. Sehingga nggak merasa risih ketika pumping





b. pakailah tanktop menyusui. it can instantly open and reduce the mess. nggak ribet buat buka buka kancing atau angkat angkat baju. Dan yang kebuka pun hanya part tertentu aja, jadi nggak ngablak kemana mana gitu.... (halahhh bahasa gueee). buat nutupnya pun tinggal tarik, sreeett.... praktis!

untuk luarannya, saya pake cardigan tebel dari body and soul. Selain anget, modelnya yang lebar membuat beberapa kali saya pumping tanpa apron, karena udah "aman" ketutup sama si cardigan ini. mantap laaaahhh pokoknya.

c. bawa kantong asip cadangan di coolerbag. Kantong asip tersebut berguna buat wadah es batu yang saya minta dari pramugari. Supaya coolerbag tetep dingin, saya selalu minta es batu ke pramugari sebanyak 2 plastik asip full. mereka akan dengan senang hati memberikan.




6. Selama Acara

Event saya diadakan di excel exhibition center. Sedangkan saya menginap di wisma indonesia Colindale. Jauuuuh bo! sekitar sejam-an naik tube. Kalau naik mobil nggak tau deh berapa lama nyampenya, karena ternyata di london pun ada macet jugak hoho!

Di tempat event berlangsung, saya beberapa kali pumping di..... toilet! Abis nggak ada tempat lain yang representatif sih. Untungnya bilik toilet disana banyak dan bersih, jadi saya cari bilik paling pojok yang jauh dr pintu masuk. Biasanya, posisi pojok itu sepi peminat hehehe... 

Dalam sehari di tempat acara saya bisa 2x pumping yaitu jam 12 dan jam 3. Sedangkan untuk pagi dan malam saya pumping di hotel. 2 hari terakhir ketika survey lapangan, saya pumpingnya pas makan siang di restoran dengan bermodalkan apron. Pokoknya dimana ada tempat dan waktu yang possible buat pumping, saya cuek aja mompa. Bahkaaaan pas lagi nonton  opera thriller nya michael jackson di Piccadili Theatre sambil menikmati tontonan saya manfaatin buat mompa.

Banyak pandangan kepo dari orang orang sih, bahkan ada waitres yang sampe nanyain tentang motif owl di apron saya. Namun saya sih cuek beibeh aja, yang penting stok asi buat adek tetep terus terjaga... hehe

7. packing

Dari awal, supaya urusannya nggak rempong, saya sudah decide untuk memasukkan semua bawaan asip ke dalam bagasi. Karena itu persiapan saya mateng banget dengan segala peralatan pendukung packing. konon katanya, suhu di bagasi juga lebih dingin daripada di kabin.

berikut step by step saya:


  1. Masukkan asip ke dalam wadah container
  2. Bungkus container dengan alumunium foil
  3. Lalu bungkus lagi dengan plastic wrap serapat mungkin
  4. Masukkan koran di sisi kanan-kiri coolbag
  5. Masukkan snowgam/ice pack ke dalam coolerbag
  6. Masukkan wadah container ke dalam coolerbag
  7. Masukkan ice gel / es batu dan segala elemen pendingin lainnya ke dalam coolerbag
  8. Tambahkan koran ke dalam coolerbag. sumpel sumpel si koran sampai kondisi dalam bag rapat dan tidak berselah
  9. Sebelum di resleting / ditutup, tambahkan koran di permukaan atas. koran terbukti dapat mebuat es tetap dingin
  10. Kunci utama nya adalah packing serapat mungkin. jangan ada celah sama sekali. insyaallah dijamin aman sampai tujuan

Oh iya, sebelum men check in kan bagasi, saya diminta petugas bandara untuk melapisi cooler bagdengan plastic wrap agar tidak gampang terbuka dan aman. Biasanya, di airport internasional ada kok counter yang menyediakan jasa wrap ini.

Ada cerita lucu ketika proses wrapping. Saya baru sadar betapa bodohnya karena sudah menempel tulisan  sebelum menggunakan jasa wrapping, kan nanti kalo sehabis wrapping selesai tulisannya bakal ketutupan.... hiks

Menyadari kebodohan saya, akhirnya minjem gunting ke mas-mas counter wrap buat mencopot tulisan tersebut, dan nantinya akan saya pasang lagi setelah coolerbag selesai di wrap. Eh...ternyata susah yaaaa ngerobek tulisan yang udah saya rekat kuat-kuat pake isolasi bening. Ada sedikit sobekan yang membuat tulisan tersebut jadi rada gak bisa di baca.  Melihat saya yang heboh jongkok sambil menggunting, si mas nya, yaitu seorang pria kulit hitam yang belakangan saya tahu adalah imigran dari Burma, langsung nyamperin sambil senyum senyum.

"what are you doing?" Duh, saya sempet berprasangka buruk, jangan jangan ini mas mas kecentilan mau godain saya....abis senyumnya penuh arti banget hahahaha "I need to pull this out, because I want to place it in front of my bag" kata saya sambil nunjukin bagian depan tas "ohhh... I can make it for you" katanya. "pardon?" tanya saya bingung. Lalu dia berjalan ke arah meja kasir.  

Ternyata ada sebuah komputer lengkap dengan printernya. lalu dia mengambil potongan tulisan hasil guntingan saya yang udah berantakan bentuknya dan membuatkan print an kertas baru. "for my baby" saya bilang karena ngeliat dia senyum pas baca tulisan tersebut. "I also have a baby, a girl" "really?" "yes..." dia langsung membuka hp nya dan menunjukkan fotonya pada saya... "she has a very loud voice" lanjutnya. "aaaa...how come a very noisy sounds coming out from this cute little tiny person" ungkapnya sambil tertawa.... hahaha akhirnya justru kami mengobrol seru mengenai baby dan segala tingkah laku nya. Pas saya mau bayar biaya print out, dia bilang "its free for you" hehe asiiiikkkk...

Mesin untuk wrap

Setelah selesai di wrap. Nah loooo tulisannya ketutupan


8. kembali ke tanah air

Sebelumnya, saya sudah berpesan ke keluarga yang akan menjemput untuk membawakan coolerbag plus es batu dan ice gel buat nyimpen hasil perahan saya selama di perjalanan pulang agar tetep dingin

Sampailah saya di rumah.
Pas buka kulkas....stok asip yang tadinya lumayan full tinggal sebaris.  JENG JENG JENG!!!! huaaaa.... untuuung oleh oleh buat adek lumayan banyak. Jadi bisa menambah isi kulkas kembali.

Tiba saatnya membuka cooler bag. Alhamdulillah, kondisi asip masih oke punya. Namun satu kontainer asip beku yang saya bungkus pake ice blanket udah rada cair, meskipun masih ada titik beku nya. Untuk kondisi asip seperti ini, yang saya tahu masih boleh kok buat masuk freezer. Tetapi saya prioritaskan untuk diminum baby terlebih dulu.

Kontainer kedua yang juga berisi asip beku masih aman, hanya mencair sedikitttt. langsung deh ditaro freeaer. Kontainer ketiga berisi asip cair yang belum dibekukan pun langsung masuk freezer, aman untuk disimpan smp 6 bulan kedepan. Yippie!


kondisi freezer sepulang saya dinas


Laluuuu, satu lagi kekhawatiran saya yang masih menggelayut. Setelah seminggu lebih berpisah, adek masih mau nenen langsung sama saya nggak?

alhamdulillahhh.... begitu nempel, dia langsung nyusu sambil ketawa tawa kegirangan. seriously. sampe puting saya kegigit saking hebohnya! hahaha...


---

Oh iya sebagai tambahan, kalau untuk ditinggal dinas dalam negeri yang biasanya 3 hari 2 malam, perlengkapan perang saya jauuuuh lebih simple. Hasil perahan cukup di simpan dalam plastik asip lalu saya masukkan ke chiller kulkas hotel. Tidak dibekukan. (ideallnya asip fresh yang dimasukkan chiller bisa tahan sekitar seminggu)

Pas mau pulang, semua asip saya masukkan lagi ke coolerbag baby boogy andalan. Lalu saya tambah dengan 2 ice gel unimom yang sudah saya bekukan di freezer hotel. Perjalanan pulang paling lama sekitar 8 jam. Sampai rumah, walau ice gel udah mulai cair, kondisi asip masih oke. dan langsung saya masukin freezer. Aman deh. 


sooo, buat para momies yang mau pergi jauh ninggalin baby nya, semoga postingan saya membantu yaaaa.... kalo bingung, silakan tanya tanya aja, InsyaAllah saya siap membantu :)


Selain asip, oleh oleh lain adalah FOTO! *numpang narsis aahhh...













Update:
Tahun berikutnya, saya mendapat kesempatan untuk business trip lagi. Cerita lengkapnya bisa diintip di link ini 









85 comments:

  1. Ya Allaaaah,mbak makasih banyak postingannya amat sangat bermanfaat sekali. ini saya lagi kebingungan banget karena harus bertugas di taiwan 5 hari 4 malem, bingung musti manajemen asipnya gimana..makasih banyaak sekali lagi..

    tapi mbak, maaf mau nanya, ada lagi gak yah Salinan peraturan membawa asip dalam penerbangan dari lembaga aviasi amerika? soalnya link yang tsa nya kayaknya dokumennya sudah dihapus :((( gimana yah?

    ReplyDelete
  2. Hi Mba, Salam kenal. Waaahh alhamdulillah... senagnya kalo artikel yang saya tulis bisa bermanfaat. Untuk link TSA-nya iya yah kok menghilang dari internet. Aku ada capture-an link-nya tapi hanya sedikit, karena ternyata dokumennya nggak saya save di komputer. Bisa minta alamat emailnya? nanti saya emailkan. Mungkin bisa juga cek link berikut http://www.thenewdiplomatswife.com/2011/05/crying-over-spilt-milk.html. Semoga sukses dinas sambil pumpingnya ya Mbak..

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. halo mbak, salam kenal
    kebetulan saya mau keluar kota, googling sana sini eh nemu blog ini, berguna banget loh.
    yang mau saya tanyakan kl pas di hotel sterilnya gmn ya? secara kl bawa alaat steril cukup ribet juga, tfs mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba salam kenal juga. makasih udh mampir kesini :) kalau di kamar hotelnya ada tesmos listrik, setelah pumping tinggal siram aja corong dan botolnya dg air panas. kalau nggak ada, minta air panas ke room servicenya aja mbak. kalau pumping di jalan dan nggak ada air panas, bisa siram dan kocok dengan air mineral bersih, baru nanti di hotel atau restoran kita minta air panas. so far dg cara agak koboy ini, asip saya aman kok. smg membantu ya

      Delete
  5. mba....boleh minta tlg diemail dokumen dari TSA .. bln depan mau dinas ke malay seminggu... trimakasihsharring nya ya mba...sangat membantu saya

    ReplyDelete
  6. mbak..link TSA nya udh g ada ya?aq gugling beberapa hari g ketemu.butuh banget ni..boleh d email mbak?bulan depan aq berangkat haji.baby masih 6m.rencana mau bawa asip dari sana.emailq chubyholic_16@yahoo.co.id sekalian ma contoh surat rekom meyusui dari dokter ya mbak..makasih

    ReplyDelete
  7. Mba Ingkie, detail sekali infonya...mantap deh :) Mba sy october nanti jg ada dinas ke belanda, boleh minta dikirimkan dokumen TSA nya? Alamat email: tinna_12@yahoo.com. Trus, kl penerbangan dalam negeri gak masalah kan ya bawa ASIP di kabin? Mba, cooler bag igloo dual compartemen nya beli dmn? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, dalam negri bawa asip di kabin nggak masalah kok. Igloo nya waktu itu bei di Ace Hardware :)

      Delete
  8. Halo mbak Ingkie! Makasih banyak buat postingannya, berguna banget nih buat saya :) Kyaknya link ke dokumen TSA nya mati ya mbak.. klo masih ada salinannya, bisa dikirim ke email saya ga mbak (fajri.hanny[at]gmail.com). Thanks in advance ya mbak :)

    ReplyDelete
  9. Hi Mbak Ingkie :) , ak jg mau dinas keluar negeri nih, tlg share dokumen TSA ny y mba ... ke email christine_8485_chr@yahoo.com , thanks b4 mba.. :)

    ReplyDelete
  10. Mba, infonya sangat membantu. Insya Allah saya mau umroh bulan depan 9hari. bisa minta dokumen TSA ama contoh surat rekomen dokternya gak? ke yantiyplisha@gmail.com. Makasih

    ReplyDelete
  11. Mau jg dokumen TSA nya Mba...ke rianti_wakhyu@yahoo.com. mksh bun

    ReplyDelete
  12. Mba minta dokumen tsa nya ke email santimatovani@gmail.com
    Many thanks mba

    ReplyDelete
  13. thank you bgt infonya mba
    kantor sy mau outing & sy butuh bgt info management asip seperti ini
    boleh share surat keterangan dokternya ke email sy mba?
    isma.sakti@gmail.com
    thank you so much :)

    ReplyDelete
  14. Hahahahaha...

    Awalnya gugling tentang beli maenan di asemka. Dptlah blog dirimu.

    Iseng2 liat2 ternyata punya pengalaman membawa asip dr luar negri.

    Di afb (milis asi for baby), byk bgt yg pgn tau cara tuk membawa asip dari luar negri.

    Blog elu ini bisa jd referensi bgt nih, komplit & detail.

    Kebetulan istri jg pernah membawa asip 80Liter, waktu kuliah singkat 4bln di luar. Sampe saat ini hanya sharing sederhana saja dari kami.

    Ditambah pengalaman elu, jd bisa jd influence ke byk org...

    ReplyDelete
  15. Halo Ayah Reja,
    ya ampuuuuunnn seneng banget bisa di visit sama Ayah beken di afb.
    Makasih banyak ya Mas, sebelum berangkat dinas waktu itu juga sempat nanya2 di afb, dan dijawab sama Ayah reja. Bahkan sampai aku japri juga... hehehe Alhamdulillah info dan tips nya berguna banget, sampai akhirnya bisa nulis postingan ini. Thank you yaaaa...

    ReplyDelete
  16. haii mbak...informasinya bermanfaat sekali. Tapi saya mau bertanya untuk hal-hal yg saya blm jelas mbak...spt :
    1. lbh aman mana, apakah asi bekunya lbh baik di taruh di bagasi atau di kabin (rencananya saya mau bawa cooler box puku kecil)
    2. untuk pumping di perjalanan berangkat dan pulang, saya mau naruh di cooler bag kecil (dalamnya di kasih ice gel dan digabung dng alat pumpingnya) dan akan dibawa ke kabin...bisakah mbak? --> declare nya apakah dijelaskan ada asi beku di kabin dan di bagasi atau gimana mbak...jumlah maksimalnya berapa ml?
    3. beli snowgam dimana ya mbak?
    4. bisa di emailkan mbak format surat dokternya ke swrdn@yahoo.com ?
    5. link peraturan penerbangannya kok gak bisa ya mbak? ada link lainnya mbak?
    Maaf ya mbak merepotkan..dan banyak pertanyaann

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, aku coba jawab ya...
      1. Kalo keamanan menurut saya sama saja, cuma kadang kita suka insecure ya.. takut asipnya kenapa-kenapa kalau jauh dari pandangan... hehehe, kaau memungkinkan untuk dibawa dikabin, nggak papa Mba dibawa saja. Tapi kalau repot, karena berulang kali akan diperiksa (buka-tutup) setiap akan masuk gate lebih baik ditaro di kabin saja. asalkan sudah kita tulis note gede-gede di depan tas nya mudah-mudahan petugas yang menghandle bagasi nya amanah dan menyimpan asip kita dengan baik.

      2. bisa mba. Biasanya akan diperiksa isi cooler bag nya, ya kita tunjukkan saja :). Untuk jumlah minimal, karena isinya benar breastmilk (walaupun kalo tidak salah ketentuannya 100ml) tapi kita bawa lebih nggak dipermasalahkan kok.

      3. Waktu itu bei di asibayi.com

      Sisanya di email yaaa ... hope it helps.

      Delete
    2. ups...
      Tapi kalau repot, karena berulang kali akan diperiksa (buka-tutup) setiap akan masuk gate lebih baik ditaro di kabin saja. -->>>> maksudnya ditaro di bagasi saja :)

      Delete
  17. Hai mbak,,salam kenal...setelah wara wiri browsing, nyampe juga disini.. postingannya bagus bgt, lengkap dan mudah dipahami. akhir bulan september ini saya ada tugas ke china sekitar 6 hari.boleh minta dokumen TSA nya ke ninukragil@yahoo.com . Makasi yaaa

    ReplyDelete
  18. hallo mba,,makasi bgt ni infonya sgt jelas n bmanfaat... sy berencana umroh nih,,mw minta salinan TSA sama surat dokternya boleh ya k email faradilla.rahmi@yahoo.com makaso bnyk mba ^^

    ReplyDelete
  19. Halo mba, many thanks pengalamanya yang uda dishare ya. Bermanfaat sekali. Anyway, cooler bag yang igloo itu yg muat 16 atau 24 botol ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... lupa mom, muat berapa hehehe yang jelas cukup lega kok. Bisa muat 3 lunch box dg panjang sekitar 30cm-an, snowgam, dan beberapa ice gel.

      Delete
  20. mba, bolehkah di email salinan TSA dan surat dokternya ke email saya dinar_intan@yahoo.com,,,makasih banyak :)

    ReplyDelete
  21. Hai mba postingnya sangat" membantu sekali.. Kebetulan ak mau dinas k jerman 10hari bulan desember.. Mba bsa d bantu untuk salinan TSAnya?
    Klo boleh d email k rahmawati3004@gmail.com

    Mba pada saat bawa asip yg habis pumping d pesawat itu d taro d cabin aja yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba, alhamdulillah kalau postingan ini bermanfaat. Link TSA sdh saya betulkan ya, silakan di cek kembali.

      iya, pas pumping di pesawat setelahnya saya masukkan ke cooler bag yang saya bawa di cabin

      Delete
    2. waktu itu beli snowgamnya dmn?

      Delete
  22. Hai mba, mau nanya, kemarin total ada berapa kantong asip yang ditaro di bagasi? Trus itu perjalanan berapa jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang lebih ada sekitar 30an kantong asip (satu coolerbag igloo dual kompartemen). dengan total perjalanan saat menimggalkan penginapan sampai tiba dirumah sekitar 20 jam

      Delete
    2. mbak boleh minta tolong diemailkan ketentuan aviasinya? ke dyah_akw@ojk.go.id. Ada acara kantor gathering di luar negeri tapi belum pasti kemanannya. Buat siap2 saja. Terima kasih mbak

      Delete
  23. MbA.. Boleh mnta alamt emailnya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ke: email.inky@gmail.com atau chat via line di : LINE-INGKIE

      Delete
  24. Mbak Ingkie, mohon share salinan tsa dan surat ket dokter ya ke rahmia.hasniasari@gmail.com
    terima aksih.. bermanfaat bgt infonya, saya ikutin semua. doakan semoga lancar hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. link tsa nya sudah saya perbarui di blog ini ya mba :)

      Delete
  25. Mba ingkie, waktu itu travelling nya brp hari? Untuk 30an kantong asip, ice gel/ice pack yg dipake brp banyak yah? Apakah asip cair masih bole dimasukin ke freezer setelah bbrp hari dipompa? Max brp hari ya mba? Untuk tsa itu dibutuhkan kalo bawa asip ke cabin kan? Klo bagasi apakah perlu bawa salinan tsa nya? Thanks mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, saya jawab satu-satu yaaa...

      1. waktu itu saya travelling sekitar 8 hari

      2. sesuai dengan postingan saya, saya membawa 1 buah snowgam, 1 buah ice blanket, 1 buah ice gel igloo, dan 1 buah ice gel lokal

      3. Asip cair dapat bertahan di chiller sekitar 5 hari, setelah 5 hari jika ingin dimasukkan dalam freezer masih aman. untuk kulkas 2 pintu, dapat disimpan sampai 6 bulan kedepan

      4. Sebaiknya disiapkan saja mba, in case ditanyakan atau mengalami kesulitan membawa asip. Pengalaman saya waktu itu, petugas sama sekali tidak mempersulit, begitu saya declare bahwa yang dibawa adalah asip, ice gel maupun perlengkapan pompa. Persilahkan saja petugas untuk mengeceknya. Saya tidak sampai perlu menunjukkan peraturan TSA.

      Sama-sama. Semoga jawaban saya membantu yaaa.

      Goodluck, semoga lancar perjalanannya dan bawa pulang oleh-oleh asip yang banyak.

      4.

      Delete
  26. Halo mba,
    Salam kenal setelah googling sana-sini akhirnya ketemu postingan mba yang berguna banget. Saya juga berencana ke luar negeri dan ingin kejar stock asip juga. Saya mau tahu format surat keterangan yang mba punya seperti apa ya? Kalau tidak keberatan bisa e-mail ke saya tripermatadewi@gmail.com. Hatur nuwun..

    ReplyDelete
  27. Mba Lengkap banget informasinya, sangat berguna deh! :)
    BTW saya mau donk contoh surat keterangan dari dokter kalau kita adalah Busui & membawa ASIP. saya ada rencana umroh minggu depan, tolong di emailkan ke amanda.cahaya@gmail. com ya.
    many thanks in advance mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. done ya, we've chat by line alredy :) . nice to know u. goodluck

      Delete
  28. Hi Mba salam kenal,
    Waaaah sangat membantu sekaliii infonya, selasa depan saya mau dinas ke singapore. Apakah tetap perlu membawa surat keterangan dokter kalau kita busui & membawa ASIP? Jika ia, boleh minta tolong di emailkan contohnya ke berlin_saragih@yahoo.com.
    Trus saat mba dinas keluar negeri, boleh tahu berapa umur si kecil? Supaya saya bisa memperkirakan stok ASIP untuk anak saya.

    Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sent by email ya mba, kindly check your mail. bawa suratnya untuk jaga-jaga saja, sepertinya saat ini pihak airport sudah sangat welcome dengan busui membawa asip jadi tidak akan dipersulit. ketika saya tinggal dulu usia gendhis sekitar 10 bulan. hope it helps yaaaa. goodluck smg oleh2nya banyak

      Delete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. hi mom Ingkie, thanks buat ulasannya ya, bermanfaat sekali :) btw numpang tanya.
    1. untuk TSA rule nya itu apa jg berlaku di Europe, misalkan Jerman?
    2. untuk storage asinya, apakah ada keharusan untuk 1 kantong asi maks 100ml?
    3. ada alasan khusus knapa asinya harus dibekukan? misalkan kalo cm didinginkan aja gmn ya mom? krna kalo ke europe butuh waktu 12jam, belom lg kalo transit dan on the way kerumah.
    makasih sebelumya mom...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mom, kucoba jawab ya..
      1. Kurang lebih sifatnya universal mom, di europe kalau tidak salah juga memberlakukan rule yang sama
      2. Biasanya kalau untuk breastmilk mereka lebih flexible mom, pada prakteknya tidak harus satu plastik asip 100ml.Waktu itu saya ada yang 150ml juga sesuai muatnya kantong asip
      3. Alasan dibekukan berkaitan sama durasi kita berpergian mom, karena asip fresh kalau masuk chiller cuma tahan seminggu, sedangkan kalau dibekukan bisa sapai 6 bulan, karena waktu itu perginya lebih dari seminggu,jadi asip hasil perahan di 3-4 hari pertama saya bekukan, supaya bisa dibawa pulang utk oleh-oleh baby.
      kalau dari waktu pemerahan sampai tiba dirumah masih kurang dari seminggu tidak perlu dibekukan,hanya masuk kulkasbawah/chiller gpp mom

      semoga jawaban saya membantu ya...

      thanks sudah mampir kemari :)

      Delete
  31. Hi Mba.. tulisannya sangat lengkap dan membantu sekali. Saya boleh minta diemailkan juga mba contoh surat dokternya ke erliakk@gmail.com? Dan dokternya boleh dokter umum saja kan ya?trima kasih banyak mba...

    ReplyDelete
  32. Mba, bisa kirimkan contoh surat dokternya ke ermasdianasari@gmail.com? terimakasih sekali

    ReplyDelete
  33. Mb bisa dikirimkan format surat dokternya kr meutia.candra@gmail.com , terima kasih

    ReplyDelete
  34. Mba bisa minta dikirimkan surat dokternya ke vanny.erliana@gmail.com. Terimakasih mba :)

    ReplyDelete
  35. Mba.. Mohon bantuannya, bisa dikirimkan format surat keterangan ibu menyusui dr dokter ke tirta.ratnadi@gmail.com terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  36. Thanks mbak infonya, salam kenal saya Khatrin. tolong bisa email saya TSA di k3n_na@yahoo.co.id. Dan tolong diinfokan beli ice gel yang hijau itu dimana ya (yang tidak mencair 100%) dan kalau mau sewa friedge to go dimana ya? Thanks before

    ReplyDelete
  37. Sampe nangis baca postingannya... g kebayang apa aku bisa mempersiapkan semuanya kayak mba... mau tugas ke luar kota selama seminggu, agak deg2an... apa bisa membawa ASI pulang seperti yang mba lakukan.
    kalau boleh mba aku minta nomer kontak mba dong buat tanya2...
    ini alamat email aku:
    annisa_pm@yahoo.com
    makasih sebelumnya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa via line kalo mau tanya-tanya mba... line: line-ingkie

      Delete
  38. Mba icepack snowgramnya beli dmn? Mohon kirimkan surat keterangan dokternya ke elma.nurjannah@gmail.com

    ReplyDelete
  39. Save link ;)

    Mom boleh minta contoh surat dokter & segala surat jalannya? Please email to yogalinap@yahoo.com.

    Thanks a lot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba..aku juga minta tolong diemailin surat keterangan dokter ttg status ibu menyusui, ya..boleh di-ttd bidan aja ga, ya?biar deket rumah.hehe...alamat email saya: nurulhp.354@gmail.com terima kasih banget loh, mbaaa

      Delete
  40. haloo mba ingkie,

    salam kenal, aku echa dari surabaya. kebetulan aku baca tulisan mba dr google waktu search tentang bawa asip ke luar negeri. hehhee. tulisan mba berada diurutan paling atas. dan setelah baca sy merasa nyaman untuk bertnya dng mba. heehe #soale ramah

    jadi gini mba, aku punya baby usia 10bln rencana aku mau umroh awal april. tapi lg bingung bgt ttg beberapa hal :
    1. bolehkah bawa asip ke cabin? klo selama ini penerbangan dlm negeri aman mba. baca di tulisan mba ada peraturannya. bolehkah sy minta?
    2. surat keterangan dari dokter. bskah sy minta juga cth surat nya?
    3. untuk penyimpanan dng plastik natur apa lebih aman ya dari bawa botol kaca?
    4. snowgam pendingin bs beli dmn ya mba? online ada gak?
    5. tas igloo dual compartemen masih ada gak ya skrgdi ace? atau mngkin ada di online?
    6. misal nya pas umroh gak bs nyari kulkas yg mbekuin apa asip bs dminum ya klo 9hari dlm kondisi gak beku?

    hehehe .. maaf ya mba. banyaaaakk. soalny first time ninggal lama ini. maturnuwon ya mba.

    jika berkenan bs WA juga ke no hp saya. 0818327984.

    terimakasih banyak mba.

    echa - surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba echa,
      Maaf ya baru lihat emailnya.
      Semoga jawaban saya bisa membantu ya...


      1. bolehkah bawa asip ke cabin? klo selama ini penerbangan dlm negeri aman mba. baca di tulisan mba ada peraturannya. bolehkah sy minta?

      Kalau keluar negri, untuk jumlah cairan yang boleh masuk ke kabin tergantung negara tujuan masing2 mba. Tapi setahu saya, kalau memang dari awal kita sudah declare isinya adalah asip biasanya boleh, tapi mereka akan memeriksa isinya dan tas-nya akan dibuka berkali-kali setiap pemeriksaan. Kalau pas berangkat rasanya masih mudah, karena bawaan asip masih dikit (hanya asip yang di pumping pada saat perjalanan berangkat). Sebagai pertimbangan saja, kalo pas pulang, agak repot bongkar-bongkar ulang cool bag/cool box karena pasti setiap lewat pintu pemeriksaan harus dibuka dulu tas-nya, dan tas sudah penuh isi asip. Padahal supaya tetap awet dingin sebaiknya harus di sealed dengan rapat dan jangan sering dibuka tutup.


      2. surat keterangan dari dokter. bskah sy minta juga cth surat nya?
      Ini nanti saya kirim email terpisah ya...


      3. untuk penyimpanan dng plastik natur apa lebih aman ya dari bawa botol kaca?
      Aman plastik karena ga akan pecah dan posisi penyimpanan bisa horizontal jadi lebih hemat tempat


      4. snowgam pendingin bs beli dmn ya mba? online ada gak?

      Online, Asibayi.com


      5. tas igloo dual compartemen masih ada gak ya skrgdi ace? atau mngkin ada di online?

      Sudah tidak ada lagi di ace mba, bisa coba cari online. Nggak harus merk igloo mba, bisa merk apapun yang sizenya lumayan besar.


      6. misal nya pas umroh gak bs nyari kulkas yg mbekuin apa asip bs dminum ya klo 9hari dlm kondisi gak beku?

      Kalau menurut panduan, asi yang belum dibekukan rekomendasinya boleh dikonsumsi dalam rentang waktu sampai 6 hari. Tapi itu hanya rekomendasi mom, pada kondisi real nya, mungkin bisa lebih dari 6 hari. Nanti sebelum diberikan ke bayi sebaiknya di cek dulu kondisi asipnya apa sudah berbau, mengental, dll (ciri2 susu basi), atau dicobakan ke bayi, karena kalau sudah tidak enak otomatis pasti baby akan menolak.

      Saran saya, untuk hasil pumping hari 1-3 sebaiknya titip di freezer hotel sampai beku. Untuk hari selanjutnya dapat disimpan di chiller (kulkas bawah saja) tidak perlu dibekukan. Ketika nanti packing, masukkan asip hasil perahan hari 1-3 di luch box/kotak yang terpisah dengan hasil perahan hari ke 4 dan seterusnya. Supaya gampang memilahnya setelah kembali ke Indonesia. Perahan hari 1-3 di prioritaskan untuk di konsumsi, sedangkan hasil perah hari ke 4 dan seterusnya boleh masuk freezer dan bisa bertahan sampai 6 bulan kedepan.

      Semoga membantu yaaaa...

      Delete
  41. Dear Mba Ingkie,

    Through this i would like to thank you for your blog. It helped me a lot.

    Satu hal mau nambahin..sekarang snowgam udah gak ada yang jual sama sekali. Akhirnya aku beli online di cabang mereka yang di Perancis (untungnya satu negara) dan aku beli yang warna pink. Kl di web nya, yg warna pink lebih tahan lama. I bought exactly the same igloo bag like you..and did exactly like you did (except aku gak masukkin asip nya ke wadah) langsung aku wrap semua aja di dlm tas. Dan Alhamdulillah semua selamat.

    Thanks mbak..

    Didit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba dita nanya donk. Utk ice gel nya pas dibawa berangkat. Masuknya ke bagasi kan ya? Yg utk ice gel dalam tas igloo
      Pas berangkat ditaroh dlm keadaan cair?
      Pls help ya mba.. masih ga mudeng.. tq

      Delete
    2. Hai Mba Vera, kalau saya waktu berangkat igloo bag dan semua ice gel + snowgamnya di masukkan ke dalam koper di bagasi. Dalam kondisi cair pun nggak apa-apa karena kan belum ada asipnya. Untuk di cabin, saya bawa cooler bag berisi pompa asi dan satu ice gel kecil, plus kantong asip. Dan kalo ice gel nya udah mencair, kita bisa minta es batu dan ditaro di dalam kantong asip supaya cooler bag tetap dingin

      Delete
  42. Haiiiii Mba Didit, salam kenal ya :) Thanks for your compliment. Owalah baru tau kalo snowgam sudah nggak ada yang jual lagi. langka banget emang, tapi sangat-sangat tahan lama beku-nya. Alhamdulillah postingan blog saya dapat bermanfaat, salam Asi!


    ReplyDelete
  43. Mba Ingkie. Tanya dong. Sebetulnya kalo di freezer yang terpisah dari chiller (kulkas 2 pintu) ketahanan ASIP beku sampai 3 bulan saja..atau boleh 6 bulan ya? Saya punya kulkas 2 pintu yang cuma dipakai untuk menyimpan ASIP saja. Apa yang di freezer bisa tahan sampai 6 bulan? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  44. Hai Mba Dian, asip yang disimpan di bagian freezer kulkas 2 pintu bisa bertahan sampai 6 bulan kok :)

    ReplyDelete
  45. Hallo Mba Ingkie...
    Artikelnya sangat2 menolong,,apalgi buat ibu-ibu baru dan harus travelling ke luar negeri. :)
    Boleh minta tolong Link TSA sama contoh surat dokternya? Emailnya elisa_sinulingga@yahoo.com.
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya mba..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau artikelnya bermanfaat. saya kirim by email ya..

      Delete
  46. Hi mba dian. Bisa minta salinan surat dokter sama surat jalannya ngga? email ke gturalakey@gmail.com ya. Karena minggu ini saya ada keluar negeri dan pindah2 hotel terus nih

    ReplyDelete
  47. Mba thank u for the info.
    Boleh sy minta salinan surat dokter dan surat jalan?bs di email ke : astri.prinita@gmail.com
    Makasih sblmnya mba

    ReplyDelete
  48. Hai mbak,
    salam kenal ya..
    Mau numpang sedikit cerita beberapa bulan yang lalu aku sempat pergi sekitar 7 hari ke 3 negara. Alhamdulillah pas pulang bawaannya 18 kantong ASIP 100 ml plus 6 ice gel besar yang ternyata semua masuk ke cooler bag merk Natural Mom. Aku juga ngga tutup2 dan ngga pake wadah, alias plastik ASIP dan ice gel langsung aku masukin ke cooler bagnya.
    Kota terakhir adalah Bangkok (transit Singapore). Dari Bangkok pagi, akhirnya sampai rumah baru jam 10 malam. Itu ASIP semua masih dingin (selama di hotel semua ASIP tidak dibekukan hanya ditaruh di kulkas kamar aja) dan ice gelnya pun masih 80% beku (jadi mungkin merk Natural Mom bisa jadi referensi buat yang cari cooler bag yang tahan lama) :)
    Sempet keluar masuk airport KLIA, Suvarnabhumi dan Changi, semua petugasnya baik2 dan ASIP aman jaya (walaupun tiap masuk pemeriksaan x-ray pada minta tasnya dibuka kr ke detect ada ice gel bekunya). Dan aku juga ngga bawa surat2 apapun (emang ngga tau sih). Hehehe.. Jadi jangan takut kok buibu, kalau cuma negara ASEAN insyaallah bawa ASIP masih aman2 aja kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak infonya Mbak Shinta.
      Sangat bermanfaat untuk ibu-ibu pejuang asip yang harus pergi ke luar negeri dan membawa asip

      Delete
  49. Hay mbak ingkie.. Salam kenal ya...
    Postingan mbak sangat bermanfaat sekali untuk ibu2 menyusui yang akan berpergian ke luar negeri. Dari tahun 2014 sampai tahun 2017 ini masih ada yang nanya2..
    Mba, saya kebetulan akan ke korea bln dpn, apakah TSA rule nya itu apa jg berlaku juga di Asia?
    Oya bolehkah saya dikirimkan format surat dokter & segala surat jalannya ke email saya di amaliayp@yahoo.com
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba amalia, salam kenal juga.
      sudah saya email ya untuk contoh surat nya.
      TSA regulasi yang dikeluarkan oleh amerika, tapi biasanya negara lain mengikuti. Kemarin aku baru kembali dari korea, dan sepertinya tidak akan terlalu strick untuk masalah asip, selama kita declare pada saat check in atau pemeriksaan bagasi

      Delete
  50. Hay mbak ingkie.. Salam kenal ya...
    Postingan mbak sangat bermanfaat sekali untuk ibu2 menyusui yang akan berpergian ke luar negeri. Dari tahun 2014 sampai tahun 2017 ini masih ada yang nanya2..
    Mba, saya kebetulan akan ke korea bulan dpn, apakah TSA rule nya itu apa jg berlaku juga di Asia?
    Oya bolehkah saya dikirimkan format surat dokter & segala surat jalannya ke email saya di herfita.vietha27@gmail.com
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  51. Hi mba Ingkie...salam kenal. Kegalauan saya sbg ibu menyusui yg bakal dinas luar negeri hilang stlh googling post nya mba. Terima kasih byak atas penjelasan yg detail dan menenangkan ^^. Klu boleh saya juga ingin minta contoh surat dokter yg declare kita ibu menyusui dong mba dan surat TSA nya. Walau dinasnya ke ASEAN jg tp untuk jaga2 boleh juga ke anitarentauli@yahoo.com. Trims byk

    ReplyDelete
  52. Halo mbak ingkie boleh minta copy TSA nya? era.panjaitan@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete