Wednesday, January 8, 2014

Bayi Hobi Ngempeng Puting

One of my depression source during the first three month of my newborn baby is.... ngempeng puting!

Awalnya saya yakin baby menyusu dengan benar dan pintar tapi kok nggak selesai selesai yah mimiknya, bahkan bisa sampai 2 jam nonstop! Setelah hampir sejam mimik, sekilas saya lihat baby udah bobo, tapi kemudian ketika saya paksa untuk mencopot nenen dari mulut baby, seketika itu juga dia bangun. huffff.... terpaksa deh disumpel lagi. Cape deeeeh.

Inilah yang membuat saya nggak bisa ngapa ngapain, boro boro mandi cantik dengan proper, buat ditinggal pipis aja susah bener. suara tangisnya yang pecah membahana seperti yang pernah saya ceritain disini bikin geger orang serumah. semua panik! Mamer aja sampe nungguin saya di depan pintu kamar mandi sambil gendong si baby.

Yang bikin saya sedih dan ngerasa gloomy banget adalah ketika mamer bilang kalo baby ngempeng terus karena asi saya kurang. Baby masih haus tapi pd saya udah kosong. DEG!!!! asli deh rasanya saya pengen nangis bombay saat itu juga dan pengen cepet cepet pulang ke rumah mama saya ajah. Asi saya banyak kooook! Asi saya berlimpah ruah! anak saya juga nggak ngempeng kooook! liat aja stok asip saya, liat aja badan anak saya montokkkk bener berarti kan gizinya cukup. ishhh! *mulai emosi*


coba liat pipi bakpaonyaaa.. montok kaaan?

coba liat paha berlipet lipet nya.... montok kaaaaan?

Tiap kali baby nangis karena nenen nya saya copot, beliau sambil gendong nenangin anak saya sembari bilang "cup cup cup jangan nangis, yuk ngempeng lagi yuk...." lalu ketika kembali saya nenenin si bayi "tuh kaaaan dia ngempeng, bukan mimik..." Hiks! (duh, kok jadi cuhat tentang mamer yahhh.... maapkannnn... beliau baik sih, cuman ya... no body's perfect ya bo!!)

Ketakutan saya yang teramat sangat adalah kalau nanti sudah tiba waktunya saya harus masuk kerja dan si baby hobi ngempeng begini, gimana dong cara ninggalinnya? sampai kapaaaan dia akan kayak begini? saya pun juga ditakutkan dengan hantu bernama "empeng" aka pacifier aka binky. Karena mamer bilang jalan satu satunya supaya baby yang ketagihan ngempeng puting biar nggak cranky adalah dikasih empeng. pffffff!!! cerita galau saya tentang empeng bisa dibaca disini.

Bagi saya, benda ini masuk ke dalam most "please stay away" things for baby. which is adalah barang yang diharamkan buat dikasihin ke baby. Karena akan susaaaahhh banget ngelepasnya kalo bayi sampe kecanduan hantu empeng ini. Bisa jadi satu chapter drama sendiri deh. Saya gak mau hidup kami (saya,airen, dan adek baby) tambah sulit dengan kejadiran si empeng diantara kami. please deh!

Di tengah suasana hati yang kacau balau, saya mencoba untuk sebanyak banyaknya mencari informasi. Paling praktis adalah lewat mbah google. ternyata, ada yang dinamakan dengan growth spurt atau percepatan pertumbuhan. Bayi di umur umur tertentu seperti 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan dst (coba googling deh buibu) butuh buanyaaaak asupan asi untuk menunjang pertumbuhannya tersebut. thats why terkadang kok si baby kayak nggak kenyang kenyang walopun mimik terus.

Penyebab ngempeng puting lainnya adalah karena baby pengen mendapatkan kenyamanan dari mommy nya. Perilaku menghisap, bau tubuh ibu, serta dekapan yang hangat membuat bayi merasa nyaman.

Saya pun kemudian menemukan artikel yang sungguh berguna disini. Artikelnya akan saya copy postingan saya selanjutnya yah!

Bisa jadi bayi kerap ngempeng karena dia nggak mendapatkan asupan yang cukup disebabkan oleh pelekatan atau latch on yang belum benar. jadilah saya selama 3 hari berturut turut melototin youtube buat belajar latch on.

Posisi latch on yang benar adalah sebagai berikut:










beragam posisi menyusui




Saya pun memastikan dengan seksama bahwa mulut baby harus menelan sampai ke areola.
Selain itu, saya juga belajar cara terbaik memasukkan nipple ke mulut baby agar bisa langsung caplok pada posisi yang sesuai. Yaitu dengan menyentuhkan puting kita ke bibir atas dan bibir bawah bayi secara bergantian sampai mulut baby terangsang lantas mangap lebar dengan sendirinya dan siap mencaplok. Pas mangap itulah langsung saya jejelin pd ke dalam mulutnya. Istilahnya adalah "mouth tickling" menggelitiki mulut bayi. 

latch on yang benar adalah yang menyusu sampai ke areola
Saya pun belajar cara mencopot nipple dari mulut baby setelah dia jatuh tertidur tanpa harus membuatnya terbangun. Yaitu dengan menyelipkan jari kelingking, lalu menekan areola sambil menarik puting keluar. hmmm semoga paham yaaa

Setelah mencoba membenahi latch on, ternyata benar juga. Saya merasakan perubahan bahwa bayi saya nggak lagi nangis kalo nenen nya dicopot. Dia bisa bobo dengan lebih tenang, kemungkinan besar karena dia udah kenyang.

Hal lain yang bisa juga dilakukan adalah teknik Breast Compression. Yaitu gerakan memeras atau menekan payudara ketika bayi menyusu supaya aliran asi yang keluar lebih deras. Mekanismenya sama seperti pada saat kita pumpung, kalo sambil mompa bagian pabrik asi nya kita tekan, maka aliran yang keluar pun jadi lebih banyak dan deras. Maka teknik ini membuat bayi mendapatkan asupan asi yang cukup.

On top of that.... itu semua masalah waktu. Saya beberapa kali curhat ke kakak ipar dan sahabat sahabat. Some of them face the same problem. Tapi mereka berhasil meyakinkan saya bahwa ngempeng puting itu ada masanya. Memang capek banget sih ngadepinnya, karena bener bener menguras tenaga dan emosi. Kudu nabung stok sabar yang berlimpah ruah. Nantinya, ketika si baby udah banyak interaksi, seneng main, dan selesai growth spurt.... perlahan ngempeng putingnya akan stop!

Tips: biar nggak tambah stress karena baby nggak kunjung stop menyusu, mending bikin diri kita happy aja, jadi sebelum mulai menyusui, kita siapin deh DVD film film kesukaan kita. sambil nyusu, sambil nonton deeeh

Faktanya, benar saja... ketika tiba waktunya saya udah harus masuk kantor, di usia baby umur 3 bulan lebih dikit, kebiasaan ngempeng putingnya udah jauuuh berkurang. Dia hanya ngempeng malam hari aja pas mau bobo. 







Nah, buat buibu yang worry takut anaknya gak bisa ditinggal karena demennya ngempeng... dont worry be happy. Baby pinter kok, seiring waktu nanti dia nggak ada kecanduan ngempeng puting lagi. Oh iya, kita juga harus banyak banyak kasih afirmasi atau hipnotis positif ke baby dengan kerap mengulang ngulang kata kata seperti "anak pintar, kalau sudah kenyang mimik nenen ibun jangan ngempeng ya, langsung bobok aja" "kalau mimiknya udah selesai, nenennya dicopot ya, kalo nenen terus nanti adek kekenyangan lho" "boboknya yang nyenyak, nenen kalau haus aja ya" "jangan ngempeng ya, kalo udah kenyang dicopot aja, nenen ibun jangan digigit, nanti kalo nenen ibun sakit adek nggak bisa mimik lagi lho..." daaaan lain lain semacamnya.

So far, sekarang kalau siang pas ditinggal kerja adek baby udah bisa nggak ngempeng puting saya masih punya satu pe er nih karena kalo malem si baby bobo nya masih nempel sambil nenen.... tapi belakangan karena udah sering saya "bisik bisikin" begitu saya bilang "udahan yaaa nenennya..." dia langsung nyopot dan lanjut bobo...haha anak pinterrr!


anak pinterrrrr!!!


Oh iya, ada tulisan bagusss tentang ini dari dr.maharani. recomended to read!!!

Goodluck ya, semoga postingan saya ini berguna buat buibu yang lagi galau. Semangat!!!

Oh iya, next post saya bakal posting si artikel berguna yang saya sebut tadi diatas. check this out yes!






4 comments:

  1. Wahhh dulu 3 bulan awal juga bayiku ga bisa dicopot dari PD, trus baca artikel Jack Newmann juga.. Pasca 3 bulan, bayi masih selalu ngempeng kalo tidur. Semisal kebangun harus siap sedia empeng nenen, entah sampe kapan kudu standby tiap dia tidur (tidur pagi tidur siang tidur malam). Mau coba affirmasi ke dedek deh yg sekarang sudah hampir 8 bulan :D

    ReplyDelete
  2. Waah good share mommy, thanks yaa ❤ buat para pejuang asi semangat!!

    ReplyDelete
  3. Makasih yah bun, udah share cerita ini. Aku sampe tergoda buat kasih sufor sempet gak pede takut ASI gak cukup, dan mamah jg mamer suruh ksh sufor. Ku menyadari baby ngempeng atau haus palsu di umur 3minggu dan aku lg berusaha ksh afirmasi positif buat baby semoga dlm waktu dekat berhasil no ngempeng lg.

    ReplyDelete
  4. Makasih yah bun, udah share cerita ini. Aku sampe tergoda buat kasih sufor sempet gak pede takut ASI gak cukup, dan mamah jg mamer suruh ksh sufor. Ku menyadari baby ngempeng atau haus palsu di umur 3minggu dan aku lg berusaha ksh afirmasi positif buat baby semoga dlm waktu dekat berhasil no ngempeng lg.

    ReplyDelete